Sabtu, 23 Maret 2013

Offroad, kelapa muda, lemang ubi, kara-kara, durian dan kampung nenek

Berawal dari ide sang mamak yang pengen liburan di tempat nenek angkat, aku mulai bersiap packing keperluan selama mungkin 1 minggu. Tanggal 14 Agustus jam 10 pagi berangkat dari kampung ku ke kampung nenek menggunakan mini bus L300. 1 jam perjalanan serasa biasa saja tapi ternyata selebih nya sampai ke kampung nenek berasa Offroad liar. Jalan yang kami lewati terjal, mendaki, menurun, melewati sungai, tidak ada aspal, jurang kanan kiri, lubang dimana-mana, semak belukar yang dapat menyesatkan mata, wah pokok nya dahsyat bah (keluar logat medan nya).
Kalo di offroad umum nya pakai mobil yang ban nya besar itu tapi kami hanya menunggangi L300 yang ternyata gak kalah hebat dari mobil offroad. Beberapa kali mobil kami ini kandas di jalan berlubang, mogok ketika mendaki bukit terjal yang penuh kerikil di sepanjang perjalanan dan melewati sungai yang mungkin dalam nya selutut orang dewasa. Buat yang punya nyali ekstrim ini adalah pengalaman yang sangat luar binasa tapi buat yang nyali nya agak dibawah itu mending pikir ulang deh. Yang aku salute nya adalah sang supir dengan lihai membawa kami selamat sampai tujuan. Walaupun mobil nya harus keluar masuk bengkel. Nah masalah ongkos menurutku sih setara/imbang dengan perjalanan yang menyambung nyawa tersebut.
Nah yang paling ku ingat seumur hidup ku adalah ketika kami melewati jembatan yang hanya terbuat dari 4 buah batang pohon diikat sedemikian rupa. Parah nya dikanan kiri gak ada penghalang apa gitu dan kalau lihat ke bawah wuih...gak keliatan dimana dasar nya. Disaat itu aku benar-benar pasrah. Kalau pun harus berakhir disini ya mungkin sudah takdir ku. Tapi ternyata sang supir hero pandai mengatur jarak ban agar gak nyoblos ke kiri dan ke kanan (kaya pemilu pake nyoblos segala).
Pokok nya setelah offroad panjang itu seluruh tubuh dan jiwa serasa lemas tak berdaya.
Setelah sampai dirumah nenek kami disambut bak presiden yang datang dari singasana nya. Oh ya kami sampai sekitar jam 6 sore. Menu takjil sudah tersedia berserta menu berat lainnya. Aneh nya gak ada yang selera makan 1 pun sehabis ekstrim offroad tersebut.
Besok pagi nya nenek mengajak ku dan mamak ke rumah belakang yang dekat dengan sawah, sungai, pokok nya kampung banget lah.

Aku dan mamak nyuci baju disungai. Nenek memetik sayur mayur dan buah pepaya. Selesai nyuci sekalian main air (hehe) kami ke rumah papan kecil yang terletak di depan tidak jauh dari sungai kami nyuci tadi. Aku gak bisa diam duduk-duduk gitu aja. Aku jalan-jalan kesekeliling melihat yang hijau-hijau. Ada pohon kelapa, pohon coklat, kuini, pepaya, jambu, kunyit, sayur mayur dan kandang ayam, bebek. Puas lah aku celingak celinguk kaya mata-mata dari Amerika.
Nah 1 hari sebelum esok nya lebaran, para wanita dapur udah sibuk dengan kerjaan masing-masing. Sementara aku cuma bisa liat sana sini kaya mandor. Rupa nya emak gak suka aku gak ada kerjaan.
"Lin, kupas bawang itu sama buah itu!"
aku mulai duduk dan mengerjakan PR. Dengan kedatangan ku ternyata mengundang gelak tawa. Ya, sebagai wanita karir yang gak pandai masak, aku jadi bulan-bulanan tawa didapur. Menyakitkan memang tapi ikut ketawa juga jadinya. Nah, aku liat beberapa dari mereka sedang buat kue tradisional kalo gak salah nama nya Kara-kara. Bentuk nya segitiga dengan permukaan kaya sabut kelapa. Rasa nya manis gurih. Gak lama nenek bawa beberapa batang bambu yang udah dibakar. Ada Lemang nih, pikirku.
"ini ada lemang ubi juga..."kata nenek. Aku kaget dan melompat. What! Ubi? Seumur hidup aku makan lemang yang terbuat dari pulut putih. Ternyata ada juga lemang ubi. Penasaran dengan taste nya pas buka puasa langsung tak samber tuh lemang ubi. Hap, gila! Enak banget. Sampai lupa makan nasi karena asik mencomot si ubi umami. Kenyang juga eh ternyata ada kelapa muda. Hajar, pikirku. Gluk gluk gluk dan Ah...segarnya. Ngelirik jam dinding ternyata udah pukul 7. Wew? Gawat. Aku belum magrib. Buru-buru kaya dikejar setan aku ngacir ke kamar mandi dan sholat dikamar. Oh ya, siang nya itu kami habis mancing di kolam dan dapat ikan yang cukup besar dan banyak. Kalo gak salah ada deh ku upload di fesbuk kemarin itu.

Esok nya idul fitri. Ikut sholat Id dimesjid terdekat. Selesai sholat tiba lah sang ustad di mimbar nya. Mulai ceramah dengan bahasa Aceh. Asli dah kagak ngarti isi ceramah nya dari A sampe Z. Bahasa kampung ku beda dengan bahasa kampung nenek ku. Aceh terbagi lagi bahasa tradisional nya. Salah 1 nya kampung ku yang pake bahasa Aceh Gayo. Sementara kampung nenek pake bahasa Aceh nya yang kaya di Banda. Pulang shalat Id kami langsung ke rumah saudara silaturahmi. Kami pindah-pindah dari 1 rumah ke rumah lainnya. Tiap rumah disuguhi makan minum. Sampai 4 rumah terakhir kami tidak sanggup makan minum lagi. Kenyang. Bawaan nya ngantuk, cape dan pengen tidur.
Sore nya kami kebanjiran durian. Dikebun lagi panen durian yang jatuh sendiri nya. Wah, hajar juga yang 1 ini. Puas sangat.
Yang aku khawatirkan sekarang adalah berat badan ku yang mungkin bertambah ntah berapa kilo. Hiks hiks
T^T
Unforgetable memori.
20 Agustus 2012
11.06 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komen